Kelurahan Depok

Kastara.ID, Depok – Warga RT 09 RW 03 Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, membongkar tiga WC umum yang berada di atas aliran kali. Hal ini dilakukan karena warga di wilayah tersebut telah terfasilitasi septictank.

Ketua RW 03 Kelurahan Depok, Djuhri mengatakan, WC umum ini sudah digunakan sejak 1995. Pada saat itu, imbuhnya, warga sekitar banyak yang belum memiliki tempat untuk Mandi Cuci Kakus (MCK) di rumahnya.

“Hampir tiap hari WC umum digunakan, tapi belakangan ini jarang karena alhamdulillah rata-rata rumah sudah memiliki septictank yang dibangun oleh Pemerintah Kota Depok,” katanya sebagaimana dilansir situs resmi Pemkot Depok, Selasa (18/5).

Setelah dilakukan pembongkaran, lanjutnya, pihaknya memastikan warga tidak akan mendirikan WC umum lagi di tempat tersebut. Dirinya akan berkoordinasi dengan RT setempat untuk pengawasan.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok Dudi Mi’raz mengapresiasi warga setempat yang telah berinisiatif membongkar bangunan tersebut. Dikatakannya, sejak 2017 pihaknya selalu memfasilitasi pembuatan septictank individual di Kelurahan Depok.

Dia merinci, pada 2017 sebanyak 59 titik, 2018 ada 10 titik, 2019 22 titik, dan 2020 sebanyak 123 titik.

“Mulai hari ini masyarakat di sini menjunjung tinggi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan tidak lagi membuang air besar sembarangan ke aliran kali,” tandasnya. (dha)