PCNO

Kastara.ID, Depok – Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat resmi melantik Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok, di Gedung Balai Rakyat, Pancoran Mas, Kota Depok, Jumat (18/7).

Pelantikan tersebut secara resmi ditandai penyerahan bendera serta Surat Keputusan (SK) susunan kepengurusan dari Ketua PWI Jawa Barat kepada Ketua PWI Kota Depok Rusdy Nurdiansyah.

Rusdy Rusdiansyah yang menakhodai insan pers Kota Depok ini meminta para wartawan yang tergabung di PWI Kota Depok bisa lebih aktif lagi dalam menulis.

Rusdy juga mengungkapkan bahwa program pertamanya adalah membenahi fasilitas PWI Kota Depok dan meningkatkan kompetensi wartawan lewat UKW.

“Mari bantu saya, jangan hanya sampai di sini, tapi ke depan harus saling mendukung,” ujar Rusdy.

Sementara Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat mengingatkan pengurus yang baru dilantik agar selalu mengingat sumpah.

“Anda sudah bersumpah akan menaati peraturan pers. Jangan sampai lupa, Kode Etik Jurnalistik itu intinya jangan bohong dan membuat berita fitnah tanpa data dan fakta,” tandasnya.

Menjadi wartawan, lanjut Hilman, sesuai dengan aturan harus kompeten yaitu tidak menulis tanpa berdasarkan data. Ia tidak ingin mendengar anggota PWI menulis tanpa data. Jika masih ada, itu adalah tugas ketua baru untuk membenahinya.

Hilman menekankan, profesi pers sangat luar biasa dengan mengkritisi dan mengontrol, bukan menzalimi.

“Makanya harus profesional. Kritik boleh, tapi harus tetap membangun hubungan baik. Makanya PWI harus membina seluruh wartawan,” katanya.

Hilman juga mengingatkan agar setelah pelantikan ini tidak lagi ada faksi dan kelompok. Apapun yang terjadi pada saat pemilihan anggap sebuah dinamika organisasi. “Mari saling merangkul memajukan PWI ke depan,” tandasnya. (dha)