Evakuasi jadi makin mencekam, ketika seorang warga tak bisa dievakuasi dengan perahu karet. Kondisi ini, tak membuat petugas penyelamat putus asa. Berpikir cepat, bertindak tepat, personel BPBD dan Dinas Gulkarmat DKI langsung bermanuver menerapkan teknik vertical rescue menjangkau korban dari udara menggunakan media flying fox.

Warga yang terjebak banjir itu pun berhasil diselamatkan dan dibawa ke tempat aman menggunakan perahu karet.

Aksi dramatis ini merupakan bagian dari simulasi penanggulangan banjir yang diperagakan petugas gabungan, dalam Pameran Jakarta Tangguh yang digelar di kawasan Kanal Banjir Timur (KBT), Pintu Air Malakasari, Makasar, Jakarta Timur, Ahad (18/6).

Tak cuma itu, aksi penyelamatan heroik lain pun ditampilkan personel Gulkarmat DKI saat simulasi pemadaman api di bangunan bertingkat.

Dalam simulasi ini, pasukan penjinak api memperagakan teknik pemadaman dan penyelamatan korban kebakaran dalam gedung dengan cara digendong dan turun melalui jendela lalu turun menggunakan tambang.

Menurut Plt Kepala BPBD DKI, Isnawa Adji, simulasi evakuasi bencana ini menjadi salah satu kegiatan yang sangat menarik minat warga.

“Dalam pameran ini memang banyak peragaan yang ditunjukkan petugas penanggulangan bencana mulai dari evakuasi korban banjir, kebakaran, dan sebagainya. Ini untuk mengedukasi warga agar mengenali bahayanya dan mengurangi risikonya,” ujar Isnawa.

Disebutkan Isnawa, kegiatan pameran ini hasil kolaborasi dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Salah satunya dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik DKI yang melakukan live streaming.

“Seluruh kegiatan pameran ini  uga disiarkan secara langsung  melalui Chanel YouTube BPBD DKI,” pungkas Isnawa. (hop)