Kastara.ID, Sachsenring — Sprint Race MotoGP Jerman telah dimenangkan pembalap Spanyol, Jorge Martin, dam diikuti Francesco Bagnaia dan Jack Miller.

Namun perebutan posisi keempat mencuri perhatian dengan aksi tiga pembalap sekaligus yaitu Luca Marini, Johann Zarco,  dan Brad Binder.

Binder telah mencoba mengejar Marini, namun kalah di lap terakhir usai posisinya direbut paksa oleh Zarco.

“Balapan hari ini cukup keren. Saya memulai dengan baik dari garis start. Tapi kemudian dua pembalap di depan saya bersenggolan, saya harus menurunkan gas,” ungkap Binder yang dilansir Speeedweek.com.

“Itu merusak rencana saya untuk menyalip beberapa pembalap lagi sebelum tikungan pertama. Tapi begitu saya bisa melaju, saya merasa cukup baik. Tapi Marini memberi saya perlawanan yang kuat. Saya berada di belakangnya sepanjang waktu, saya melihat bahwa saya lebih cepat, tapi saya tidak bisa menyalipnya karena saya tidak bisa mengerem selambat dia. Dan setiap kali saya coba, ban depan kepanasan karena slipstreaming. Saya mencobanya beberapa kali, tapi roda depan selalu terkunci, saya melaju lurus ke depan beberapa kali,” papar Binder.

“Sayang sekali saya kehilangan posisi di lap terakhir. Saya melihat di awal balapan bagaimana Johann kehilangan kendali roda depan di Tikungan 3. Saya berasumsi bahwa dia telah jatuh. Tapi dia rupanya berhasil menyelamatkan diri dan bertahan di atas motornya lebih lama dari yang kukira,” jelasnya.

“Hal-hal menjadi sedikit sibuk di sana. Saya belum melihat Zarco. Itu tidak akan terlalu buruk. Tapi guys, Tikungan ini cepat! Saya meluruskan motornya, saya masuk ke bagian trek yang kotor dan di situlah roda depan tergelincir. Saya bisa menyelamatkan sedikit tanjakan sampai saya mencapai green. Saya senang saya selamat dari situasi genting ini,” tandas pembalap Red Bull KTM Factory Racing itu.

“Itu pasti sedikit di batasnya. Tapi saya mencoba menarik Marini menuju Tikungan 9. Jadi saya di dalam, saya dibawa keluar, saya kembali ke racing line ideal, jadi saya tidak punya power saat berakselerasi. Ini membuat Johann berpikir, ‘Ini kesempatan. Mungkin saya bisa menggunakannya.’ Itu adalah kombinasi dari penyebab,” pungkas Binder.

Hingga akhirnya Binder harus puas finis keenam akibat manuver Zarco dan kehilangan banyak waktu untuk mengejar. (tra)