Twitter

Kastara.ID, Jakarta – Sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) akan mendeklarasikan secara resmi berdirinya organisasi tersebut pada hari ini Selasa (18/8) di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, pukul 10.00 WIB.

Inisiator KAMI Syahganda Nainggolan menyatakan, deklarasi itu menjadi rangkaian dari peringatan 75 tahun Kemerdekaan Indonesia, serta bertepatan dengan hari lahir Pancasila pada 18 Agustus.

“Peringatan 75 HUT RI, Hari Lahir Pancasila dan Deklarasi Menyelamatkan Indonesia,” kata Syahganda dikutip CNNIndonesia.com, Selasa (18/8).

Terpisah, inisiator KAMI Mochammad Sa’dun Masyhur mengklaim terdapat 150 tokoh yang akan jadi menghadiri deklarasi dan menjadi anggota KAMI.

“150 tokoh akan hadir. Kita juga siapkan delapan tuntutan untuk pemerintahan Jokowi,” kata Sa’dun.

Kendati demikian, Sa’dun enggan merinci delapan tuntutan kepada pemerintahan Jokowi tersebut.

Sebelumnya, mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin turut menyatakan KAMI telah menyiapkan delapan tuntutan untuk pemerintah dan Presiden Joko Widodo saat deklarasi nanti.

Delapan tuntutan itu di antaranya berisi butir keprihatinan terhadap kondisi negara, mulai dari bidang ekonomi, politik, sosial, hukum, HAM, hingga sumber daya alam.

Nama-nama lain yang disebut masuk ke dalam gerakan KAMI adalah Rizal Ramli, Rahmawati Soekarnoputri, Taufik Ismail, dan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo. (ant)