Vaksinasi

Kastara.ID, Jakarta – Kegiatan layanan serbuan vaksin merdeka di Jakarta Gems Center, Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur, ditandai dengan pembagian sertifikat bagi 30 relawan, Rabu (17/8). Kegiatan gebyar vaksin secara resmi ditutup oleh Camat Jatinegara Endang Sofyan. Hadir dalam kegiatan ini Kapolsek Jatinegara Kompol Yusup Suhadma dan Lurah Rawa Bunga Agustina.

Layanan serbuan vaksin ini hasil kolaborasi kecamatan dengan jajaran Polres Metro Jakarta Timur, sejak Selasa (16/8) kemarin, dengan kuota 500 orang per hari.

Camat Jatinegara Endang Sofyan mengatakan, dari target 262.190 warga, saat ini yang sudah divaksin sebanyak 196.683 jiwa dan yang belum ada 65.507. Sehingga capaian vaksinasi saat ini sudah 75,02 persen.

“Kami apresiasi pada semua pihak yang telah kolaborasi dan menjadi sponsor dalam program vaksinasi. Vaksinasi dinamis digelar di delapan lokasi dan vaksin statis digelar di enam puskesmas kelurahan. Selain itu ada tujuh lokasi tambahan sentra vaksin di rumah sakit atau klinik swasta,” kata Endang.

Kapolsek Jatinegara Kompol Yusup Suhadma mengapresiasi jajaran kecamatan dan kelurahan, puskesmas, Polda Metro Jaya dan pihak lain yang telah mendukung pelaksanaan serbuan vaksin dalam rangka mempercepat capaian vaksinasi bagi warga Jakarta.

“Kami juga ucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan vaksinasi di Jatinegara. Lurah Rawa Bunga juga cukup inovatif dalam layanan vaksinasi di wilayahnya,” kata Kompol Yusup Suhadma.

Lurah Rawa Bunga, Agustina menambahkan, vaksinasi di pasar tematik batu aji dan permata ini khusus untuk pedagang dan warga sekitar yang belum vaksin. Kegiatan vaksinasi ini hasil kolaborasi dengan jajaran Polres Metro Jakarta Timur Pasar Rawa Bening atau Jakarta Gems Center dan kolaborator lainnya.

“Jenis vaksin yang diberikan yakni Sinovac untuk masyarakat umum usia dewasa. Kemudian Astra Zeneca untuk anak usia 12-17 tahun, ibu hamil dan Lansia,” beber Agustna.

Menurut Agustina, pihaknya memberikan sertifikat pada 30 relawan tenaga kesehatan dari Polda Metro Jaya sebagai bentuk ucapan terima kasih dan apresiasi. Karena mereka telah berpartisipasi dalam program vaksinasi di wilayahnya.

Untuk membantu kelancaran vaksinasi di Jakarta Gems Center ini pihaknya mengerahkan 30 personel gabungan dari unsur Satpol PP, PPSU, Kader TP PKK, dasawisma, Jumantik, FKDM, LMK dan pengurus RT/RW.

“Mereka membantu menyiapkan sarana prasarana, mendata identitas peserta vaksin, mengarahkan peserta agar tidak berkerumun dan sebagainya,” pungkasnya. (hop)