Sentra Flona Semanan

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat akan merevitalisasi Sentra Flora dan Fauna (Flona) Semanan, Jalan H. Asenih RT 03/03, Kelurahan Semanan, Kalideres, mulai tahun depan.

Guna mematangkan rencana tersebut, Sekretaris Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainnah (17/9), meninjau lokasi Sentra Flona Semanan. Menurutnya, revitalisasi kawasan ini penting dilakukan untuk menarik minat masyarakat berkunjung dan berwisata.

“Rencana awalnya revitalisasi dilakukan tahun ini. Tapi karena pandemi COVID-19, ditunda tahun depan,” ujarnya.

Iin mengungkapkan, nantinya kios penjualan produk perikanan, peternakan, pertanian, serta berbagai jenis tanaman hias, dan buah produktif dan lainnya akan ditata lebih rapi. Begitu pula dengan berbagai fasilitas serta sarana prasarananya akan dibuat lebih indah, aman dan nyaman bagi pengunjung.

“Sentra Flona Semanan ini akan didesain jadi lokasi unggulan wisata edukasi di Jakarta Barat. Diharapkan ini akan berimbas pada peningkatan perekonomian pedagang di sini,” tuturnya.

Kasudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat, Iwan Indriyanto menjelaskan, Sentra Flora dan Fauna Semanan yang luasnya 3,2 hektar memiliki 76 unit kios. Rinciannya, 15 kios untuk peternakan, 46 untuk pertanian, dan 15 untuk perikanan.

Dia mengungkapkan, Sentra Flona yang dibangun pada 2014 ini sekarang kondisi bangunannya banyak yang mengalami kerusakan.

“Nanti akan ada taman untuk pengunjung berjalan-jalan. Kios pedagang juga akan ditambah,” tandasnya. (hop)