World Clean Up Day (WCD) 2022

Kastara.ID, Jakarta – World Clean Up Day (WCD) 2022 telah digelar serentak di lima wilayah DKI Jakarta. Kegiatan ini digelar atas kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dengan Lions Club dan seluruh stakeholder lainnya dalam rangka mengurangi sampah.

Kegiatan kolaborasi ini merupakan gerakan massal mengajak setiap orang untuk  melakukan aksi bersih-bersih secara serentak di seluruh dunia yang bertujuan menyatukan komunitas global dan meningkatkan kesadaran akan kebersihan, serta melakukan perubahan dalam mewujudkan aksi untuk bumi yang bersih dan sehat.

Perwakilan Lions Club Distrik 307 A, Dewi Poer mengatakan, aksi bersih-bersih ini merupakan kali kelima diselenggarakan oleh Lions Club mengusung tema, “Pilah Sampah dari Rumah”.

“Kegiatan ini bermakna memberikan edukasi dan kesadaran kepada masyarakat dalam menanggulangi masalah sampah dengan memilah dimulai dari rumah dan aksi bersih-bersih langsung ke lapangan,” ujar Dewi Poer, Ahad (18/9).

Ia memaparkan, berdasarkan hasil pemilahan sampah kegiatan WCD dari tahun sebelumnya terus meningkat. Di tahun 2019, sampah yang terkumpul sebanyak 2,4 ton, tahun 2020 sebanyak 25,5 ton, dan 2021 sebanyak 73 ton.

“Kami menargetkan sampah yang terkumpul dari hasil pemilahan pada tahun 2022 sebanyak lebih dari 100 ton,” katanya.

Ia menuturkan, kegiatan WCD 2022 di DKI Jakarta juga tercipta rekor baru Original Rekor Indonesia (ORI) dengan Gerakan Pilah Sampah dari Rumah Dengan peserta terbanyak yang diikuti lebih dari 190 ribu pesert a dari lima wilayah DKI Jakarta.

“WCD 2022 sudah memulai kegiatan tiga bulan sebelumnya dengan melakukan sosialisasi, edukasi pengelolaan sampah domestik baik secara online maupun offline dengan lebih banyak melibatkan pemangku kepentingan, serta ada pencapaian hasil pilah sampah yang terkumpul,” tuturnya.

Sementara Kepala Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup Jakarta Pusat, Martua Sitorus mengungkapkan, pihaknya menyambut baik dan mendukung kegiatan WCD serta mengapresiasi kepada Lions Club dan pihak-pihak yang telah mendukung kegiatan ini sesuai dengan amanat Pergub No 77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga.

Kegiatan Aksi bersih bersih ini terselenggara dengan baik atas kolaborasi Lions Club multi distrik dengan berbagai pihak lintas sektoral Pemprov DKI Jakarta, serta PT Chandra Asri Petrochemical, PT Tirta Fresindo Jaya (Le Minerale), Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia, Platicpay, Yayasan Sekolah Sampah Nusantara, Mountrash Avatar Indonesia, PPI (Perempuan Pemimpin Indonesia) DKI Jakarta.

Sementara Circular Economy Sr. Specialist PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, Nicko Setyabudi mengungkapkan, pihaknya mendukung penuh kegiatan WCD 2022 yang mengusung tema “Pilah Sampah dari Rumah”.

Pihaknya juga mendukung program pemerintah dalam mencapai target pengelolaan sampah sebanyak 70 persen dan pengurangan sampah sebanyak 30 persen pada tahun 2025.

“Target tersebut perlu dicapai dengan kolaborasi bersama semua stakeholder,” tandasnya. (hop)