Kastara.ID, Jakarta – (Pemkot) Jakarta Timur ikut ambil bagian di Pameran Flora Fauna (Flona) Tahun 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Stan Pemkot Jakarta Timur mengusung tema “Rumah Pelita”.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Djauhar Arifin mengatakan, tema “Rumah Pelita” melambangkan harapan dan semangat. Bagian atapnya tersusun dari rangka tersimpul ikatan berjumlah 38 yang melambangkan jumlah provinsi di Indonesia dan berpusat pada poros dengan ragam hias Dayak.

“Makna yang terkandung di dalamnya adalah semangat seluruh provinsi Indonesia untuk mendukung kelestarian lingkungan nusantara,” ujarnya, Senin (18/9).

Ia mengungkapkan, “Rumah Pelita” juga dihiasi dengan delapan lampu taman yang berbentuk seperti bola raksasa dan 15 lampu sorot.

“Ada satu pohon trembesi berukuran besar, dengan diameter satu meter dan tinggi 15 meter disulap menjadi sebuah rumah pohon,” ucapnya.

Djauhar menjelaskan, di dalam “Rumah Pelita” ini dilengkapi pohon hayat. Karya ini terdiri dari pohon yang melambangkan kehidupan dan pedestal berbentuk segi enam yang melambangkan enam wilayah administrasi Jakarta.

“Makna yang terkandung adalah geliat kota Jakarta untuk menjaga alam untuk kehidupan,” terangnya.

Menurutnya, “Rumah Pelita” juga dihiasi dengan keanekaragaman ekosistem yang terdiri dari tanaman tropis, yang tumbuh secara alami di negara beriklim tropis, termasuk Indonesia.

Kemudian, ada tanaman Xerovit yang dapat bertahan hidup di lingkungan yang kering seperti gurun pasir. Selain itu, ada tanaman rivarian yang tumbuh di tepian sungai, serta tanaman semusim dengan siklus hidup singkat sekitar satu hingga enam bulan.

“Bentuk bangunan dibuat aerodinamis dengan langit-langit menjulang tinggi dan mengusung konsep semi outdoor, yang membuat aliran angin maksimal,” ungkapnya.

Ia menambahkan, selama Flona 2023 berlangsung, pihaknya berkolaborasi dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya. Seperti Sudin PPKUKM, Sudin KPKP, Sudin Kominfotik, Sudin Parekraf, Bagian Umum dan kecamatan.

“Kami juga melibatkan anggota Sakawana Bakti atau anggota Pramuka untuk bermain games. Kemudian ada anak sekolah untuk pentas musik. Selama satu bulan, stan Pemkot Jakarta Timur juga akan menampilkan panggung hiburan menarik untuk pengunjung,” tandasnya.

Untuk diketahui, pameran Flona Tahun 2023 berlangsung mulai 15 September hingga 16 Oktober mendatang.

Kegiatan rutin tahunan ini dihelat Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta dan dibuka oleh Pj Gubernur DKI, Heru Budi Hartono, pada Jumat (15/9) lalu. (hop)