Pergerakan Tanah

Kastara.ID, Jakarta – Memasuki musim penghujan, Pusat Vulkanologi, Mitigasi, dan Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mewaspadai potensi terjadinya gerakan tanah di beberapa wilayah.

Kepala PVMBG Kasbani mengatakan, potensi gerakan tanah meningkat dibandingkan bulan sebelumnya, Senin (18/11). Potensi pergerakan tanah terjadi karena adanya pelapukan tanah yang tebal, ditambah dengan kemiringan lereng yang terjal serta curah hujan yang tinggi. Oleh karena itu, menjelang musim penghujan, masyarakat di wilayah pegunungan, perbukitan, jalur jalan, dan seputaran bantaran sungai diimbau untuk lebih waspada dan berhati-hati.

Beberapa daerah yang perlu meningkatkan potensi terjadinya pergerakan tanah yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, sepanjang pantai Sumatera Bagian Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, sebagian Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Papua.

Kasbani mengimbau, kepada masyarakat untuk memasang rambu peringatan rawan longsor di kawasan-kawasan yang berpotensi terjadi pergerakan tanah. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk tetap mematuhi dan mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah setempat terkait pencegahan terjadinya bencana alam. (yan)