Stunting

Kastara.ID, Depok – Rangkaian tahapan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021 Kota Depok sudah memasuki tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Hal ini sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Surat Pengumuman Nomor: 800/14/TP-CASN/DEPOK/2021 tentang hasil seleksi kompetensi dasar (SKD) dan peserta seleksi kompetensi bidang (SKB) penerimaan CASN Kota Depok Tahun 2021.

“Bagi peserta yang dinyatakan lulus dan berhak mengikuti SKB agar melakukan login ke portal SSCASN dan melakukan pemilihan lokasi SKB pada tanggal 15-16 November 2021. Selain mempersiapkan diri, peserta diimbau untuk mempelajari materi yang akan diujikan dalam tes SKB  tersebut,” ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, Novarita, seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok, Kamis (18/11).

Novariita mengatakan, adapun materi pokok soal SKB dengan Computer Assisted Test (CAT) untuk seleksi CASN tahun 2021 sudah tertera di dalam Surat Nomor B/1625/M.SM.01.00/2021 yang dikeluarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tanggal 10 November 2021.

“Seperti contoh untuk daftar materi pokok jabatan fungsional administrator database kependudukan ahli pertama materi pokoknya terdiri dari dua. Pertama mengenai kemampuan umum dan kedua mengenai kemampuan khusus,” ungkapnya.

Materi kemampuan umum meliputi, kehidupan bernegara dan bermasyarakat, dasar negara dan undang-undang dasar. Kemudian, pemerintahan pusat, daerah, administrasi kependudukan dan pencatatan sipil yang bersifat umum dan pengetahuan komputer yang bersifat umum.

Sementara materi kemampuan khusus terdiri atas administrasi kependudukan yang bersifat khusus, pencatatan sipil yang bersifat khusus. Ada pula pengetahuan sistem informasi administrasi kependudukan dan administrator database.

“Bagi peserta yang dinyatakan lulus dan ingin mengunduh materi pokok SKB CASN tahun 2021 dapat mengaksesnya di tautan ini http://bkpsdm.depok.go.id/aset/uploads/2021/11/Lampiran_Materi_Pokok_Soal_SKB_dengan_CAT.pdf,” tandasnya. (dha)