Kolam Retensi

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak tiga kolam retensi dibangun di Taman Blok N, Kavling DKI, Jalan Mahoni, RW 08, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Selain berfungsi untuk mencegah terjadinya genangan maupun banjir, keberadaan kolam retensi ini diproyeksikan untuk menjaga ketersediaan air tanah di musim kemarau.

Camat Cipayung, Panangaran Ritonga mengatakan, pembuatan tiga kolam retensi ini menggunakan lahan seluas kurang lebih 1.700 meter persegi.

“Pembuatan kolam retensi ini menggunakan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dikelola Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta,” ujarnya, saat melakukan peninjauan di lokasi (17/11).

Menurutnya, selain di Taman Blok N, ada empat lokasi lain yang rencananya juga akan dibangun kolam retensi yakni halaman Kantor Kecamatan Cipayung dan Taman Flamboyan, Cilangkap.

“Untuk dua lokasi lainnya masih kita cari yang paling memenuhi skala prioritas,” ungkapnya.

Sementara pelaksana proyek pembuatan kolam retensi Stevanus menuturkan, tiga kolam retensi ini dibangun dengan ukuran ukuran 3,2 x13,5 meter; 6,8×10,5 meter; dan 2,4×5,25 meter persegi.

“Kedalaman kolam retensi ini masing-masing sekitar meter. Proses penggalian baru dimulai 16 November 2021 dan ditargetkan rampung dalam satu pekan mendatang,” tandasnya. (hop)