Kastara.ID, Jakarta – Jajaran Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, mengunjungi area urban farming anggur di Jalan Mawar, RT 09/04 Munjul, Cipayung, Jakarta Timur (17/12).

Plt Sekdis KPKP DKI Mujiati mengatakan, kunjungan ini untuk memberikan motivasi, edukasi sekaligus mengetahui permasalahan serta keinginan pelaku urban farming agar mereka dapat meningkatkan usaha dan produktivitasnya.

“Dengan turun ke lapangan, semua informasi mudah didapat dan bisa cepat ditindaklanjuti,” kata Mujiati.

Mujiati berjanji, pihaknya akan rutin melakukan kunjungan ke lokasi urban farming di Jakarta, khususnya di lokasi yang bisa memberikan inspirasi kepada wilayah lainnya. Sehingga kegiatan urban farming itu bisa dilaksanakan secara komprehensif mulai dari hulu hingga ke hilir dan diharapkan bisa memberikan kontribusi terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

Kunjungan jajaran Dinas KPKP ini diapresiasi Ketua RT 09/04 Kelurahan Munjul, Lukman Widodo. Dalam kesempatan tersebut, dia mengutarakan keinginannya memiliki rumah produksi lengkap dengan perangkatnya untuk mengembangkan produksi minuman anggur lebih maksimal, sekaligus dapat melibatkan lebih banyak warga. Sehingga ini dapat menghilangkan kecemburuan sosial.

“Sejatinya program penanaman dan produksi minuman buah anggur yang diterapkan saat ini bukan perorangan atau kelompok. Namun, ini untuk masyarakat luas yang ada di Munjul,” tukas Lukman.

Lukman juga meminta Dinas KPKP DKI dapat membantu pemasaran jus anggur tanpa bahan pengawet berlabel ‘Grape09’ yang mereka produksi. (hop)