“Posko arus mudik baru dibuka pada Selasa besok. Jadi yang penumpang yang berangkat maupun tiba hari ini belum masuk dalam hitungan arus mudik Nataru,” ujar Yulza.

Menurutnya, jumlah penumpang yang berangkat melalui Terminal Bus Kampung Rambutan sejak pukul 07.00 hingga pukul 14.00 ini mencapai 238 penumpang dengan menggunakan 30 bus.

Mereka umumnya menuju ke sejumlah daerah seperti Cirebon, Cianjur, Kuningan, Brebes, Tegal, Pekalongan, Purwokerto, Lampung, dan sejumlah daerah lainnya. Sebaliknya, jumlah kedatangan penumpang justeru lebih tinggi. Tercatat ada 1.267 penumpang yang tiba menggunakan 142 bus.

Kepala UPT Terminal Dinas Perhubungan DKI, Syamsul Mirwan menambahkan, Posko arus Mudik Nataru akan dibuka mulai Selasa (19/12) besok hingga 3 Januari 2024 mendatang. Posko terpadu ini akan diisi oleh personel gabungan dari unsur TNI, Polri, Dinas Kesehatan DKI, BNNP, Jasa Raharja dan UP PKB Pulogadung.

“Posko di Terminal Kampung Rambutan disiapkan di ruang tunggu. Di sana personel gabungan akan siaga. Sedangkan untuk petugas UP PKB Pulogadung akan melakukan ramp chek kendaraan di jalur keberangkatan bus AKAP,” ujar Syamsul.

Disebutkan, pada 23 Desember nanti juga akan digelar mudik gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. (hop)