Capres

Kastara.ID, Jakarta – Ridwan Kamil di kandang Banteng, Bali, menyatakan siap maju Pilpres 2024. “Kesiapan Gubernur Jawa Barat itu tidak mengejutkan karena sebelumnya sudah memberi sinyal ke arah itu. Ridwan hanya memberi penegasan dari sinyal sebelumnya,” ungkap M Jamiluddin Ritonga, Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul Jakarta kepada Kastara.ID, Rabu (19/1).

Menurut pengamat yang biasa disapa Jamil ini, pemilihan deklarasi di Bali tampaknya memberi sinyal kemungkinan Ridwan akan diusung PDI Perjuangan (PDIP) sebagai Cawapres. Ridwan sengaja hadir di kandang banteng, untuk memberi sinyal kedekatannya dengan partai moncong banteng putih.

“Ada kemungkinan Ridwan akan berduet dengan Puan Maharani. Hanya saja peluangnya untuk cawapresnya Puan,” imbuh Jamil.

Dengan deklarasi lebih awal, memberi ruang dan waktu yang lebih panjang baginya untuk memperkenalkan dirinya di luar Jawa Barat. Tujuannya tentunya untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitasnya.

“Jadi, Ridwan akan melakukan kerja-kerja politik yang lebih intensif sehingga saat mendekati Pilpres 2024 elektabilitasnya sudah sesuai yang ditargetkan. Hal itu berpeluang diperolehnya bila sejak awal menyatakan sebagai capres,” tandas Jamil, mantan Dekan FIKOM IISIP Jakarta ini. (dwi)