Satire

Kastara.ID, Jakarta – Sindir menyindir antara Anies Baswedan dengan Giring Ganesha Djumaryo di media sosial mendapat perhatian dan respons dari berbagai masyarakat.

“Pendukung Anies dan Giring tentu punya respons berbeda terhadap aksi sindir menyindir tersebut. Pendukung Anies akan nyinyir terhadap sindiran Giring. Sebaliknya, pendukung Giring akan merespons negatif terhadap sindiran Anies,” ungkap Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul Jakarta M Jamiluddin Ritonga kepada Kastara.ID, Rabu (19/1) pagi.

Karena itu, lanjut Jamil, sindir menyindir tersebut tentu akan berdampak terhadap Anies dan Giring. Dampaknya akan positif atau negatif tergantung dari kualitas sindiran yang disampaikan Anies dan Giring.

“Sindiran yang dikemukakan Anies terhadap Giring tampaknya lebih mengalir dan rasional. Karena itu, sindiran yang disampaikan Anies akan lebih menghibur dan dapat diterima akal masyarakat,” jelas Jamil yang juga mantan Dekan FIKOM IISIP Jararta ini.

Sementara sindiran yang dilayangkan Giring tampak lebih vulgar. Karena itu, peluang masyarakat terhibur tampaknya lebih kecil.

“Jadi, aksi sindir menyindir tersebut tampaknya akan lebih menguntungkan Anies daripada Giring. Dampak tersebut kiranya berlaku bagi masyarakat di luar pendukung Anies dan Giring,” pungkas Jamil. (dwi)