Batan

Kastara.ID, Tangerang – Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Anhar Riza Antariksawan memimpin briefing kegiatan clean up di hari ke-7 sebelum mulai kegiatan. Kepada para petugas clean up, Anhar memberikan semangat dan terus menjaga kondisi kesehatan.

“Kepada para petugas clean up agar tetap semangat, ini adalah pekerjaan menyelamatkan masyarakat,” ujar Anhar, seperti dikutip dalam rilis Batan di Jakarta, Rabu (19/2).

Anhar berpesan, agar para pekerja selalu menjaga kesehatan dan mematuhi prosedur keselamatan dalam bekerja. Dalam melakukan pekerjaan seperti ini, faktor keselamatan menjadi yang utama.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Anhar kepada Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) yang telah membantu dalam proses clean up. “Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dan kerja sama pihak Pemkot Tangsel dalam kegiatan ini, sehingga proses clean up ini berjalan lancar,” tambahnya.

Hingga hari ke-7 ini, jumlah tanah dan vetegasi yang diindikasikan terkontaminasi sudah mencapai 199 drum. Semua drum itu saat ini sudah dimasukkan ke dalam tempat penyimpanan sementara limbah radioaktif.

Status terkini dari proses clean up sudah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Penurunan paparan sudah lebih dari 90%. Diharapkan kegiatan clean ini akan segera berakhir mengingat paparannya sudah menurun.

Anhar berharap, peristiwa ini menjadi sebuah ujian bagi kita semua, dan masyarakat tidak perlu khawatir dan dapat beraktivitas seperti biasanya.

“Insya Allah ujian ini, akan dapat memajukan kita semua. Saat ini kita semua bekerja membersihkan lingkungan demi keselamatan semua warga,” harapnya. (ant)