COVID-19

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah ( PPKUKM) DKI Jakarta memasok satu juta masker untuk didistribusikan ke pasar-pasar yang dikelola Perumda Pasar Jaya, termasuk JakMart dalam dua pekan mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Elizabeth Ratu Rante Allo mengatakan, masker-masker tersebut diproduksi oleh pabrik kecil di Jakarta, serta sejumlah industri di Bandung dan Tangerang.

“Akan masuk satu juta lembar dari industri yang memproduksi dan segera kita distribusikan untuk memenuhi kebutuhan warga,” ujar Ratu, Kamis (19/3).

Ratu menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta membatasi pembelian masker sebanyak lima lembar untuk setiap konsumen khusus di Gerai JakMart, dan sebanyak 20 lembar di Pasar-pasar yang dikelola Perumda Pasar Jaya setiap harinya.

“Untuk di Gerai Jakmart harga jualnya Rp 1.950 per lembar. Sedangkan, di pasar bisa 20 lembar masker untuk satu orang ber-KTP dengan harga Rp 2.500 per lembar,” terangnya.

Ia menambahkan, ketersediaan masker dibatasi sesuai aturan yakni, khusus untuk masyarakat dan tidak melayani korporasi dengan jumlah besar.

“Saat ini, pemerintah DKI Jakarta tengah melakukan upaya stabilisasi harga masker dengan distribusi stok melalui Perumda Pasar Jaya, termasuk Jakmart,” tandasnya. (hop)