Terminal Bus AKAP Lebak Bulus

Kastara.ID, Jakarta – Pengelola Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Lebak Bulus, Jakarta Selatan, terus mematangkan kesiapan penyelenggaraan kegiatan mudik dan arus balik Lebaran tahun 2022.

Kepala Terminal Bus AKAP Lebak Bulus, Hermanto mengungkapkan, pengecekan terhadap armada angkutan Lebaran di Terminal Lebak Bulus akan dilakukan mulai 25 April 2022 atau H-7 hingga 10 Mei 2022.

“Kami bersama UP PKB Jagakarsa akan menggelar pemeriksaan kesiapan armada dan awak bus angkutan Lebaran dimulai pada H-7 Lebaran,” ujar Hermanto (18/4).

Menurutnya, pemeriksaan armada bus angkutan Lebaran meliputi rem, ban, kemudi, kesiapan alat pemadam api ringan dan lain sebagainya.

“Awak bus juga akan menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum mengemudikan armada membawa penumpang menuju kampung halaman,” ungkapnya.

Pihaknya, lanjut Hermanto, juga berkoordinasi dengan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan untuk menggelar vaksinasi booster.

“Penumpang yang berangkat dari Terminal Bus Lebak Bulus wajib vaksin ketiga atau membawa hasil antigen yang baru bagi yang hanya mendapat dua kali vaksin. Nanti pemeriksaan dengan menunjukkan aplikasi PeduliLindungi atau membawa kartu vaksin,” tuturnya.

Ditambahkan Hermanto, pihaknya memprediksi kenaikan jumlah pemudik di Terminal Lebak Bulus akan berlangsung mulai H-7 hingga H-7, di mana kenaikannya bisa mencapai 100 persen jika dibandingkan dengan hari biasa.

“Kalau hari biasa, jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Lebak Bulus sekitar 250 penumpang,” tandasnya. (hop)