RSUD Kota Depok

Kastara.ID, Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris berharap, di usianya yang ke-14 tahun, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok dapat terus meningkatkan kapasitas pelayanannya, baik kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) maupun fasilitasnya.

“Kalau RSUD lebih ke pelayanan masyarakat dalam tanda petik menengah ke bawah, jadi pelayanan-pelayanan ini yang memang harus simultan,” ujarnya usai acara Hari Jadi ke-14 RSUD Kota Depok, seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok (18/4).

Mohammad Idris mengatakan, kapasitas yang harus ditingkatkan akan berpengaruh kepada rencana RSUD naik tingkat menjadi rumah sakit tipe B. Sebab, ada beberapa ketentuan yang harus dilengkapi terkait rencana naik tingkat dari tipe C menjadi tipe B tersebut.

“Peningkatan yang akan dilakukan misalkan penambahan jumlah tempat tidur, kemudian ruang ICU itu ada ketentuan baru yang harus kita lengkapi. Kalau ketentuan lama sebenarnya sudah siap tapi ada aturan baru, makanya harus kita lengkapi,” katanya.

Di tempat yang sama, Direktur RSUD Kota Depok Devi Maryori menambahkan, adapun sarana prasarana yang akan ditingkatkan yaitu Computerised Tomography (CT) scan jumlahnya 128 slice, pelayanan hemodialisa, tumbuh kembang atau rehabilitasi medik dan penambahan Intensive Care Unit (ICU) yang jumlahnya harus 10 persen dari total tempat tidur yang tersedia. Sambungnya, untuk naik tingkat dibutuhkan 20 ICU, saat ini jumlahnya baru ada 12 ICU.

Dirinya melanjutkan, pada sektor SDM pihaknya juga akan menambah dokter sub spesialis dua orang. Termasuk memberikan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) kepada para para pegawai yang sudah ada.

“Kemungkinan akan terealisasi pada tahun 2023,” tutupnya. (dha)