Ramadan

Kastara.ID, Depok – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengatakan, Ramadan merupakan bulan yang memiliki banyak keutamaan di dalamnya. Umat muslim dan mukmin di seluruh dunia memanfaatkan bulan ini untuk menambah keimanan dalam diri.

Imam menyebut, selama satu bulan ke depan seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasa atas perintah Allah SWT yang terdapat dalam Surat Al Baqarah ayat 183. Bunyinya, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

“Ibarat Terminal kita sudah berkeliling selama 11 bulan, ketika Ramadan datang kita digembleng. Iman yang tadinya turun, seketika naik selama bulan Ramadan,” katanya saat memberikan Tausiyah dalam Pengajian Ramadan BNI Cabang Margonda, seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok (18/4).

Dijelaskannya, hakikat puasa sering dikaitkan dengan menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Namun jauh dari itu, puasa memiliki makna luas bagi umat muslim yang menjalaninya.

Lanjut Imam, ketika berpuasa setiap umat manusia diperintahkan untuk menahan hawa nafsu secara lisan dan perbuatan. Di samping itu juga, imbuhnya, puasa mengajarkan untuk menguatkan sikap empati kepada sesama manusia.

“Ketika lapar Allah SWT turunkan perintah kepada kita (umat) untuk berempati kepada sesama, dengan begitu pahala yang diterima pun akan berlipat ganda. Pahala Sunnah menjadi wajib, pahala wajib menjadi 70 kali lipat. Dengan catatan mengikutsertakan Allah SWT dalam setiap aktivitas,” ucapnya.

Di bulan Ramadan, kata Imam, umat muslim juga diperintahkan Allah SWT untuk membayar zakat. Dalam perintah ini berisi makna bahwa Allah SWT mengajarkan umatnya untuk memberikan hak kepada orang fakir dan miskin.

“Di dalam rejeki kita terdapat hak orang lain (fakir dan miskin), bagi setiap manusia yang bersedekah dan berzakat akan menjadi berkah hartanya,” pungkasnya. (dha)