Kastara.ID, Jakarta – Tjoet Nja’ Dhien, film drama epos pahlawan asal Aceh Nanggroe Darussalam, kembali tayang di bioskop Tanah Air mulai 20 Mei 2021—bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, dalam versi terbaru.

“Atas permintaan banyak pihak, alhamdulillah akhirnya film Tjoet Nja’ Dhien dapat ditayangkan kembali di sejumlah bioskop ibukota. Kehadiran film Tjoet Nja’ Dhien dengan versi durasi tayang yang kurang dari 2 jam ini merupakan hasil restorasi lembaga arsip perfilman Belanda yang menjaga agar kualitas audio dan visual film Tjoet Nja’ Dhien tetap terpelihara,” kata Erros Djarot, sutradara film Tjoet Nja’ Dhien, Rabu (19/5).

Film yang diedarkan 33 tahun silam itu kini sudah mengalami restorasi menyeluruh di Belanda. Format pita celuloid sudah ditransformasi ke DCP, sehingga gambar lebih jelas dan detail warna semakin tajam.

Film ini sempat diajukan Indonesia kepada Academy Awards ke-62 pada 1990 untuk penghargaan Film Berbahasa Asing Terbaik, tetapi tidak lolos dalam pencalonan nominasi. Film ini menjadi film Indonesia pertama yang ditayangkan di Festival Film Cannes pada 1989.

Film ini menceritakan tentang perjuangan gigih seorang wanita asal Aceh dan teman-teman seperjuangannya melawan tentara Belanda yang menduduki Aceh di masa penjajahan. Tjoet Nja’ Dhien tak mudah dikalahkan sehingga peperangan ini menjadi yang terpanjang dalam sejarah kolonial Hindia Belanda. (put)