Yayasan Cakra Buana Bintara

Kastara.ID, Depok – Sekolah Cakra Buana di Depok mengenalkan program pembelajaran “Gembira Belajar” bernama Cakra Buana Playducation School. Dengan ekosistem Cakra Buana Playducation School, pembelajaran akan diterima oleh peserta didik dengan lebih baik dan menyenangkan.

Sekolah Cakra Buana tak berhenti berinovasi di dunia Pendidikan, guna menggali potensi siswanya. Kini, konsep belajar mengajar baru diluncurkan, dengan nama Playducation yang dikemas Gembira Belajar. Peluncuran ini secara langsung diresmikan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dedi Supandi didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Wijayanto, dan anggota DPR RI Nuroji.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Cakra Buana Bintara Siti Nurul mengatakan, konsep pelayanan terbaru dari Sekolah Cakra Buana ini meyakini bahwa semua anak adalah cerdas dan memiliki keistimewaannya masing-masing.

“Kami tidak ingin memotong waktu bermain anak. Mereka bisa tetap bermain sambil belajar. Bagi anak usia dini, konsepnya 60 persen bermain dan 40 persen belajar. Nanti ketika mereka sudah duduk di jenjang SMP maka konsepnya dibalik menjadi 40 persen bermain dan 60 persen belajar. Bagi kami belajar haruslah tetap menyenangkan bagi anak,” ujar Siti Nurul dalam peluncuran Cakra Buana Playducation School di Sekolah Cakra Buana, Kamis (19/5).

Gembira Belajar berisikan program yang lebih lengkap dari program pendidikan Sekolah Cakra Buana sebelumnya. Dengan tujuan mengakselerasi adaptasi peserta didik dalam masa new normal selain pendampingan individual yang sudah dilakukan Sekolah Cakra Buana selama 22 tahun lebih.

“Siswa akan dilengkapi dengan observasi performa belajar oleh psikolog sekolah yang berkompeten dan akan dievaluasi setiap tahunnya. Untuk meningkatkan potensi siswa sesuai dengan bakat dan minat, kami juga bekerja sama dengan rekan-rekan yang unggul di bidang bahasa, olahraga, kreatif, dan teknologi baik untuk kegiatan baik itu intrakurikuler dan ekstrakurikuler,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dedi Supandi menyambut baik kehadiran Cakra Buana Playducation School. “Ini sangat baik karena selain cerdas, adanya Playducation School ini juga bisa membentuk nurani siswa,” tutur Dedi.

Dedi menambahkan, paling penting untuk pembentukan karakter anak didik yang juga lekat dengan budaya lokal. “Saya percaya semua anak adalah cerdas dan istimewa,” kata Dedi.

Dedi berpesan kepada guru pembimbingnya, kalau bisa setiap hari dari Senin-Jumat ada pelajaran mengenai pembentukan karakter agar mereka terbentuk kepribadian setiap siswa yang baik dan cerdas. (*)