Kastara.ID, Jakarta – Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna menyambangi sekolah SMP Negeri 2 Depok, Rabu (19/6), dalam kelas inspirasi dengan tema menumbuhkan kreatif dan karakter mandiri untuk memotivasi pengembangan diri siswa di masa depan.

Wakil Wali Kota bercerita kalau dulu dirinya memiliki cita-cita jadi artis dan ikut casting. Ternyata gagal dan akhirnya banting stir memilih jalan politik sampai sekarang.

Pesan Pradi, kalau kita mau maju, sedini mungkin harus ditanamkan di dalam diri apa yang dicita-citakan. “Kita wajib membaca orang-orang sukses di dunianya, agar kita termotivasi maju,” ungkapnya.

Kepala SMPN 2 Purnomo mengatakan, untuk kelas inspirasi diikuti kelas 7, 8, dan 9 sebanyak 60 murid. “Ini bertujuan agar mereka termotivasi mengikuti jejak orang-orang yang sukses. Murid-murid ini adalah pilihan,” katanya.

“Tidak tertutup kemungkinan sebagai pembicara, saya akan tampilkan alumuni sukses seperti jadi tentara, polisi atau pejabat lain, karena alumni mempunyai ikatan emosional terhadap sekolahnya,” paparnya.

Syarif Syaifullah sebagai alumni SMPN 2 Depok tahun 1988, merupakan petani asal Indonesia yang sukses di Philadelphia, Amerika Serikat. Bapak dari tiga anak ini menjadi petani organik di sana dan sukses.

Syarif pun bercerita di depan siswa, selama 15 tahun di Paman Sam itu bukan waktu singkat. Di awal kehidupan di negeri orang ia hidup sebagai pekerja kasar kuli bangunan, kuli restoran, bahkan cleaning service.

Bermodal lahan 100 m di halaman rumah nya, berhasil menemukan konsep cara bertani organik secara otodidak dan sukses. Sekarang ia dinobatkan menjadi petani teladan di sana dan juga sebagai motivator bagi petani di negeri Paman Sam,” tambahnya.

Noval, salah seorang murid kelas 8 mengatakan, dirinya termotivasi seperti kakak alumni. “Ternyata menjadi orang sukses tidak mudah,” katanya. (*)