Kastara.ID, Depok – Kelurahan Curug yang berada di Kecamatan Cimanggis sekarang menjadi perkantoran percontohan kelurahan model pelayanan publik pada tempat kerja yang responsif gender di Kota Depok. Pasalnya, kelurahan tersebut memberikan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat, terutama perempuan dalam mengurus berbagai keperluan.

Lurah Curug Bambang Eko mengatakan, pihaknya menerapkan hal tersebut agar kaum perempuan dapat merasa nyaman saat berada di kantor Kelurahan Curug. Tentu dengan fasilitas pelayanan yang lengkap dan ramah perempuan.

“Kami berikan kepada masyarakat agar mereka dalam mengurus keperluan di kantor Kelurahan Curug merasa nyaman,” katanya.

“Alhamdulillah kami menjadi wilayah percontohan penerapan gender dengan berbagai pelayanan yang ada,” imbuh Bambang Eko, Jumat (19/6).

Bambang Eko menambahkan, penerapan gender dilakukan dengan memberikan fasilitas bagi ibu menyusui (ASI) dengan adanya ruang laktasi. Kemudian menyediakan tempat parkir khusus perempuan agar lebih mudah dan nyaman dipisahkan dengan parkiran laki-laki.

Tidak hanya itu, tambah Bambang Eko, di Kelurahan Curug juga terdapat tempat bermain anak dan pojok baca anak di dalam ruangan. Juga terdapat petunjuk arah ke setiap ruangan agar lebih mudah dalam mencari lokasi pelayanan.

“Kami juga ada jalan dan tempat khusus untuk disabilitas, ini juga salah satu upaya kami dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Bambang Eko berharap dengan fasilitas pelayanan yang diberikan dapat meningkatkan kenyamanan dan kemudahan, khususnya masyarakat Curug dalam mengurus berbagai pelayanan. Terlebih bagi kaum perempuan yang membawa anak ke kantor Kelurahan Curug.

Lurah berpesan, bagi pengunjung selalu menjaga kebersihan dan menjaga fasilitas yang ada sebaik mungkin. (*)