Ketua Jakarta American Jeep (JAJ), Eko Marabunta mengatakan, kegiatan ini akan diselenggarakan pada Sabtu, 24 Juni 2023.

“Ini menjadi bentuk partisipasi kami sebagai perkumpulan yang berdomisili di Jakarta untuk ikut menyemarakkan peringatan HUT ke-496 Jakarta,” ujarnya,” Senin (19/6).

Menurutnya, kendaraan-kendaraan Jeep lawas ini juga menjadi bagian dalam perjalanan sejarah bangsa, termasuk Jakarta.

“Kita ikut melestarikan mobil-mobil zaman perjuangan dulu. Nantinya, pawai akan dimulai dari kawasan Monas. Insya Allah pawai nanti akan dilepas oleh Pak Heru Budi Hartono selaku Penjabat Gubernur DKI Jakarta,” terangnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini rencananya juga akan dihadiri oleh Letnan Jenderal TNI (Purn) Mulyo Aji yang pernah menjabat sebagai Panglima Kodam Jaya tahun 2021-2022.

“Beliau saat ini menjabat sebagai Ketua Persatuan Penggemar American Jeep Indonesia. Kemudian, ada juga Dewan Pengarah Pak Soni Sumarsono yang pernah menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta,” bebernya.

Sementara Ketua Panitia JAC City Touring HUT ke-496 Jakarta, Andy Pantjoro menuturkan, dalam kegiatan pawai American Jeep ini juga akan diikuti Abang None DKI Jakarta yang mengenakan pakaian adat khas Betawi.

“Kemungkinan juga diikuti pelajar atau anak-anak yang akan ikut naik di mobil saat pawai menggunakan kostum adat Betawi. Kami bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, termasuk untuk menampilkan pentas seni budaya Betawi di panggung hiburan,” ungkapnya.

Andy menjelaskan, sebanyak 182 pemilik kendaraan American Jeep sudah terkonfirmasi akan mengikuti kegiatan ini.

“Kami juga mengundang komunitas lain dari Jabodetabek. Namun, tetap melakukan pembatasan jumlah peserta untuk menjaga kenyamanan peserta dan pengguna jalan,” ucapnya.

Ia berharap, ke depan JAJ juga bisa terus terlibat dalam event atau kegiatan serupa di tahun mendatang dan bisa memberikan banyak kontribusi bagi Jakarta.

“Ini kali pertama kita mengadakan kegiatan memeriahkan HUT Jakarta dengan City Touring. Kalau ada kegiatan karnaval yang bersifat kolosal, kami juga siap support ikut memeriahkan. Terlebih, banyak kawan-kawan kami dari daerah lain yang juga bisa kita undang,” tandasnya. (hop)