MotoGP Spanyol 2020

Kastara.ID, Jerez – Di menit akhir sesi FP3 MotoGP Spanyol kemarin (18/7), pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins terlibat insiden kecil dengan pembalap Repsol Honda Marc Marquez.

Lap cepat Rins diyakini terganggu oleh Marquez yang menghalangi jalurnya di Tikungan 9 sirkuit Jerez.

Bermula saat Marquez tak memacu motornya dengan cepat sehingga Rins bisa menyalipnya di Tikungan 8. Sayangnya Marquez malah memblokir Rins di Tikungan berikutnya.

Rins pun merasa keberatan dan mengangkat tangannya tanda protes. Ia merasa dirugikan karena lap cepatnya terganggu, yang berimbas gagal menembus langsung ke Kualifikasi 2.

Tahun lalu juga sempat terjadi kejadian serupa antara keduanya, dan Rins tampak tidak senang dengan ulah Marquez. Meski demikian, insiden itu sudah diselidiki oleh FIM Stewards Panel dan mereka memilih untuk tidak mengambil tindakan lebih lanjut terhadap Marquez.

Jadi, tak ada hukuman untuk Marquez atas aksinya yang mengakibatkan Rins terganggu saat melakukan lap cepat.

Salah satu alasan adalah karena pada saat itu ada bendera kuning yang dikibarkan, dan saat itu seharusnya Rins tak boleh menyalip atau melintasi sektor dengan laju cepat.

Rins dan Marquez juga sempat berselisih di lintasan saat kualifikasi ketika menjalani seri balap MotoGP Ceko tahun lalu.

Rins berkata, dirinya merasa Marquez tidak menghargai pembalap lain, sebagaimana dilansir Crash.

Rins pada akhir sesi FP3 hanya finis ke-12, membuatnya terlempar ke Kualifikasi 1, sedangkan Marquez tampil tercepat keempat.

Melihat kondisi ini, FIM Stewards Panel langsung melakukan penyelidikan guna mencari tahu apakah ada pelanggaran yang dilakukan pembalap terlibat. (tra)