Kurt Westergaard

Kastara.ID, Jakarta – Seorang seniman asal Denmark, Kurt Westergaard, yang dikenal karena menggambar karikatur Nabi Muhammad yang memicu kemarahan umat Muslim di seluruh dunia, meninggal dunia pada usia 86 tahun. Hal ini disampaikan keluarganya kepada media Denmark Ahad kemarin.

Westergaard meninggal saat tertidur setelah lama menderita sakit, kata keluarganya kepada koran Berlingske, dikutip dari France 24, Senin (19/7).

Ilustrator ini berada di balik 12 karikatur yang diterbitkan koran konservatif Jyllands-Posten dengan headline “Wajah Muhammad”, di mana salah satu gambar memicu kemarahan umat Muslim.

Karikatur-karikatur buatan Westergaard ini awalnya tidak dikenal, tapi setelah dua pekan, unjuk rasa menentang penerbitan kartun itu berlangsung di Copenhagen, dan kemudian para duta besar dari negara-negara Islam di Denmark mengajukan protes.

Kemarahan kemudian meningkat menjadi kekerasan anti-Denmark di dunia Muslim pada Februari 2006.

Kekerasan berkaitan dengan karikatur ini memuncak pada 2015, saat terjadi pembantaian yang membuat 12 orang tewas di kantor koran mingguan satir di Paris, Charlie Hebdo, yang menerbitkan ulang karikatur tersebut pada 2012.

Westergaard bekerja di Jyllands-Posten sejak pertengahan 1980-an sebagai ilustrator, dan menurut Berlingske, karikatur itu sebenarnya pernah diterbitkan sebelumnya tapi tanpa memicu kontroversi.

Pada masa akhir hidupnya, Westergaard, seperti sejumlah orang yang berkaitan dengan kartun itu, hidup di bawah perlindungan polisi di sebuah alamat rahasia. (har)