Headline

Rekomendasi Untuk Kualitas Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati hadir pada rapat kerja (Raker) Badan Anggaran (Banggar) yang membahas mengenai RUU Pertanggungjawaban atas Pelaksanaan APBN 2018 (RUU P2 APBN TA 2018) di ruang rapat Banggar DPR, Senin (19/8). Terdapat beberapa rekomendasi Panitia Kerja (Panja) perumus kesimpulan dalam rangka pembicaran Tingkat I (TK.1) RUU P2 APBN.

Berikut beberapa rekomendasi yang dipaparkan oleh anggota Banggar. Pertama, pemerintah agar meningkatkan kualitas laporan keuangan kementerian negara/lembaga, khususnya yang belum mendapat opini audit Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Kedua, pemerintah agar meningkatkan kualitas pengelolaan dan keandalan penyajian aset pemerintah dengan melakukan penertiban aset yang meliputi pemanfaatan dan legalitas aset tetap pada seluruh kementerian negara/lembaga.

Selanjutnya, pemerintah direkomendasikan agar dapat memberikan penghargaan kepada kementerian negara/lembaga yang mengelola anggarannya secara efektif, efisien dan/atau mendapatkan opini audit WTP atas laporan keuangannya. Pemerintah juga diminta untuk meningkatkan peran dan kualitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam pengelolaan keuangan negara, mulai dari tahap perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan anggaran.

Terakhir Menkeu menutup dengan menyatakan ungkapan apresiasinya atas perhatian dan dukungan para anggota Banggar agar pemerintah dapat terus melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas penggunaan keuangan negara. Ia pun mengatakan akan terus menindaklanjuti beberapa catatan yang telah diberikan dalam rangka meningkatkan tata kelola, efisiensi, dan kualitas penggunaan anggaran.

“Kesimpulan, rekomendasi, dan kesepakatan panja (panitia kerja) kurang lebih telah mencerminkan bagaimana kita ingin bersungguh-sungguh melakukan pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBN dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” pungkasnya. (mar)

Leave a Comment

Recent Posts

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…

Jokowi dan Gibran Pas Berlabuh di PSI atau Golkar

Kastara.ID, Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) dengan tegas menyatakan, Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming…

Alhamdulilah SK sudah diberikan Imam Budi Hartono

Kastara.Id,Depok - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu  resmi memberikan Surat Keputusan (SK) rekomendasi…

Bukti Keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Dalam Menunjukkan Prestasi

Kastara.Id,Depok - Prestasi membanggakan kembali diraih Kota Depok. Di awal tahun 2024 ini, Kota Depok…