MotoGP Italia 2021(motogp.com)

Kastara.ID, Jakarta – Pembalap Repsol Honda Marc Marquez secara bertahap mulai menguat dalam balapan demi balapan. Seperti di seri terakhir di Red Bull Ring II, Marquez berhasil masuk dalam persaingan sengit baris depan sepanjang balapan kering.

Hanya ketika turun hujan Marquez mengalami kemunduran karena terjatuh. Tapi secara keseluruhan performa Marquez jauh meningkat dengan sangat pesat.

Sementara di sisi lain, sang tandem, Pol Espargaro masih kesulitan memahami motornya. Sejauh ini hasil terbaik anak Barcelona itu hanya finis kedelapan dua kali, belum pernah bertarung di baris depan, bahkan gagal mencetak poin dalam dua balapan di Austria.

Sementara musim lalu ketika masih bersama KTM, Pol bertarung di posisi paling depan dalam dua balapan di Red Bull Ring.

“Hal positifnya adalah Marquez berhasil melawan pembalap tercepat sepanjang balapan dan kerugiannya adalah jatuh di akhir balapan.

Saya pikir pilihan ban belakang adalah keputusan yang baik, itu berbeda dari biasanya tapi Marquez dan tim mengerti bahwa itu adalah pilihan yang harus mereka pilih,” papar Alberto Puig soal Marquez di MotoGP Austria.

Sementara sejauh ini, yang sejauh ini Pol belum mendapat hasil baik dengan Honda, beberapa hal dijelaskan oleh pria Spanyol itu yang diduga kuat sebagai penyebabnya.

“Di sisi lain, hubungan antara Pol dan motornya adalah aspek negatif. Dia jauh dari kemampuannya dan tidak menyadari potensi penuh motornya. Dia mengalami masalah dan kami harus bekerja dengannya untuk mengatasi situasi ini,” jelas Puig.

Balapan berikutnya bakal berlangsung di Sirkuit Silverstone, Inggris, akhir Agustus ini. (tra)