Darjamuni

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI akan menggelar Festival Bahari Jakarta (FBJ) di Kepulauan Seribu pada 21-22 September 2019 di Pulau Tidung, Pulau Pramuka, dan Pulau Pari.

Dalam festival tersebut, warga diajak untuk menikmati keindahan alam bawah laut Kepulauan Seribu.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Darjamuni mengatakan, FBJ akan menjadi pesta rakyat bahari di Jakarta di mana para wisatawan dan pecinta alam bukan hanya akan meramaikan pantai, namun mereka juga akan bersama-sama bermesraan dengan alam bawah laut.

Festival yang mengetengahkan tema, ‘Love Our Ocean’ tersebut juga akan mengekspos hasil konservasi alam laut yang dikemas dengan berbagai kegiatan, seperti kompetisi foto bawah laut (underwater), kompetisi foto budaya pesisir, dan kompetisi renang (open water swimming).

“Melalui festival ini kita sama-sama bisa menjadi saksi sekaligus penikmat cantiknya alam bawah laut Kepulauan Seribu,” ujar Darjamuni, Kamis (19/9).

Ditambahkan Darjamuni, dalam kompetisi itu, Pemprov DKI Jakarta menyedikan hadiah total lebih dari Rp 100 juta rupiah bagi para pemenang.

“Harapannya, melalui kegiatan ini potensi wisata Kepulauan Seribu dapat terekspos dengan menarik sehingga bisa menarik minat para wisatawan mengunjungi Kepulauan Seribu,” katanya.

Perlu diketahui, Festival Bahari Jakarta digelar untuk mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Pemprov DKI Jakarta menetapkan Kegiatan Strategis Daerah (KSD) seperti tertuang dalam Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 1042 Tahun 2018 Tentang Daftar Kegiatan Strategis Daerah (KSD) yaitu Menjadikan Kepulauan Seribu sebagai Pusat Konservasi.

“Selain kompetisi, berbagai kegiatan lainnya juga akan dilaksanakan seperti aksi bersih pantai, penanaman mangrove dan transplantasi terumbu karang, serta aksi bersih bawah laut khusus bagi penyelam bersertifikat,” tandasnya. (hop)