RNF MotoGP Racing(motogp.com)

Kastara.ID, Misano – Tim asal Malaysia, Sepang Racing Team (SRT) yang disponsori oleh Petronas yang dikenal dengan nama tim satelit Petronas Yamaha Sepang Racing Team, memutuskan untuk mengakhiri proyek mereka di ketiga kelas, termasuk Moto3 dan Moto2.

SRT kini berganti nama menjadi RNF MotoGP Racing, sebuah entitas baru, yang sudah didaftarkan ke MotoGP untuk lima musim kompetisi, mulai 2022 sampai 2026 mendatang.

Setelah bertahun-tahun pengalaman dan sukses di kelas Moto2 dan Moto3, Sepang Racing Team memasuki kelas utama balap Grand Prix pada tahun 2019, menurunkan pembalap Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

Quartararo berhasil meraih tujuh podium yang belum pernah terjadi sebelumnya di musim debutnya dan tim di MotoGP dan Morbidelli hadir konsisten di lima besar. Tim SRT juga menyapu gelar tim satelit dan menyelesaikan tahun keempat secara keseluruhan meraih gelar juara tim, dengan Quartararo dinobatkan Rookie of the Year, menempati urutan kelima di klasemen, dan Morbidelli tembus sepuluh besar.

Musim lalu, struktur tersebut memperoleh enam kemenangan Grand Prix kelas utama pertama mereka, dengan Morbidelli dan Quartararo masing-masing meraih tiga kemenangan. Kedua pembalap berjuang untuk gelar juara dunia dan Morbidelli mengakhiri musim sebagai runner up.

Kesuksesan podium berlanjut pada tahun 2021, tapi sekarang era baru akan dimulai. Re-branding RNF Racing akan membalap sebagai tim satelit di kelas MotoGP mulai tahun 2022 hingga setidaknya 2026, dengan Razlan Razali tetap di pucuk pimpinan.

“Ini merupakan perjalanan angin kencang bagi kami. Dalam beberapa bulan terakhir, kami telah mengerahkan semua upaya kami untuk mengatur ulang, mengubah citra, dan meluncurkan kembali sebagai tim MotoGP yang segar dan lebih kuat.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Carmelo atas kepercayaannya yang berkelanjutan kepada saya untuk memulai babak kedua ini dengan tim yang baru dibangun kembali bersaing di kelas utama MotoGP selama lima tahun ke depan.

Untuk musim depan, di bawah entitas baru RNF MotoGP Racing, tim yang berganti nama akan melanjutkan cetak biru kami yang telah terbukti sukses sebelumnya.

Harapan akan tinggi dan kami akan berusaha keras untuk memenuhi aspirasi ini. Dilengkapi dengan pengalaman yang kami peroleh dan telah mencapai banyak sorotan di masa lalu, kami menantikan musim 2022 sebagai entri tim yang lebih kuat,” papar Razali selaku Team Principal RNF Racing dalam rilis resmi MotoGP.

Carmelo Ezpeleta yang menjabat CEO Dorna Sports sangat senang menyambut tim ini. “Senang bisa terus bekerja dan bermitra dengan struktur tim yang dipimpin oleh Razlan Razali, di bawah RNF MotoGP Racing yang baru. Hubungan kerja panjang kami sangat menarik bagi penggemar dan kompetisi. Saya tahu Razlan sangat bersemangat dengan proyek ini dan saya yakin kami akan terus melihat hal-hal hebat dari tim baru di musim mendatang dan seterusnya.

Razlan telah menjadi aset besar bagi keluarga MotoGP sejak hari-harinya di Sepang, dan telah membantu mengembangkan olahraga di Malaysia dan di seluruh kawasan penting Asia Tenggara pada umumnya,” jelas Ezpeleta.

RNF MotoGP Racing belum mengumumkan siapa saja pembalapnya. (tra)