Cuci Tangan

Kastara.ID, Depok – Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) untuk siswa harus terus digencarkan di sekolah. Sebagai penunjang hal tersebut, sekolah diminta menyediakan sarana prasarana (sarpras) penunjang, seperti wastafel atau tempat cuci tangan yang dilengkapi sabun.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri, sekolah diminta menyediakan wastafel yang dilengkapi dengan sabun di setiap sudut ruangan. Penyediaan sarpras tersebut agar siswa dapat lebih mudah membudayakan perilaku CTPS.

“Pemenuhan sarpras wastafel dilengkapi sabun harus menjadi perhatian sekolah, sehingga gerakan CTPS bisa menjadi kebiasaan yang baik untuk siswa,” tuturnya usai memberikan materi Gebyar Germas Goes to School di SDN Curug 2 Kecamatan Cimanggis, seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok (18/10).

Supian Suri, yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok menuturkan, kebiasaan CTPS tersebut menjadi tindakan preventif yang dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan. Karena dengan mencuci tangan dapat menghilangkan virus dan bakteri yang menempel di tangan.

“Dengan cuci tangan, kita dapat terhindar dari penyakit dan tubuh akan tetap sehat, sehingga aktivitas dapat berjalan dengan baik dan produktif,” pungkasnya. (dha)