Bursa Kerja

Kastara.ID, Jakarta – Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Sudin Nakertrans) Jakarta Selatan menyelenggarakan pameran bursa kerja (job fair) di Blok M Square, Kebayoran Baru, mulai Selasa (19/11) hingga Rabu (20/11) besok.

Kepala Sudin Nakertrans Jakarta Selatan Sudrajat mengatakan, kegiatan ini diikuti 40 perusahaan dari berbagai bidang seperti retail, otomotif, farmasi, dan perhotelan.

“Ini kegiatan job fair terakhir yang kami gelar untuk tahun ini,” ujarnya, Selasa (19/11).

Menurut Sudrajat, kegiatan ini mempertemukan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dan para pencari kerja.

“Perusahaan dapat memperoleh pekerja sesuai yang diharapkan. Pencari kerja pun bisa mendapatkan pekerjaan sesuai bakat, minat serta keterampilan,” tuturnya.

Kepala Dinas Nakertrans Provinsi DKI Jakarta Andri Yansyah menjelaskan, tahun 2020 nanti pihaknya akan menambah kegiatan job fair dari tiga kali menjadi empat kali dalam setahun untuk masing-masing wilayah kota.

“Setelah itu turun cukup sekali atau dua kali saja. Ini menunjukkan, roda perekonomian di Jakarta sudah bagus dan baik dengan penyerapan tenaga kerja yang banyak,” paparnya.

Sementara, salah satu pengunjung job fair, Muhammad Affandi (23) berpendapat, kegiatan job fair ini sangat bermanfaat bagi para pencari kerja seperti dirinya

“Sekarang susah banget untuk mencari kerja kalau nggak ada wadahnya. Salah satunya melalui wadah seperti ini, job fair,” ucap lulusan SMK Otomotif ini.

Ismail Anwar (39), pengunjung lainnya mengaku, dalam kegiatan ini ia tidak hanya mencari kerja saja tetapi juga mendaftar untuk ikut dalam Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Selatan yang membuka stan di acara ini.

“Saya tertarik ikut karena PPKD itu jam belajarnya juga sangat padat. Kurikulumnya benar-benar disesuaikan untuk siap kerja di lapangan,” tandasnya. (hop)