Pohon Pinago

Kastara.ID, Pariaman – Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman tengah menyiapkan Peraturan Wali Kota (Perwal) khusus untuk melindungi kelestarian Pohon Pinago. Pohon Pinago terbukti mampu melindungi kawasan pesisir pantai dari ancaman abrasi, selain Cemara Udang, Waru, dan Ketapang.

Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan, dulu Pohon Pinago banyak tumbuh di kawasan pesisir pantai Kota Pariaman. Namun, banyak ditebangi warga karena belum tahu fungsinya sebagai penjaga kawasan pesisir, Selasa (19/11). Nantinya Pohon Pinago bakal ditanam di sepanjang pantai Kota Pariaman sehingga dapat melindungi kawasan dari ancaman abrasi dan melindungi warga dari bahaya tsunami.

Selain membuat peraturan khusus untuk Pohon Pinago, pemerintah kota juga berencana akan melakukan penanaman bibit Pohon Pinago pada 13 Desember 2019 bertepatan dengan puncak peringatan Hari Nusantara Nasional.

Untuk mensukseskan agenda tersebut, saat ini Pemkot Pariman tengah mengumpulkan biji pinago untuk pembibitan dan akan dibagiakan ke daerah-daerah yang mengalami abrasi.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo juga merekomendasikan untuk melakukan penanaman Pohon Pinago di kawasan mangrove untuk mencegah abrasi di kawasan pesisir pantai. (yan)