Kastara.ID, Jakarta – Untuk mempercepat penanganan genangan yang terjadi di wilayah Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur, Sudin Gulkarmat mengerahkan 20 unit pompa mobile jenis quick respons (19/2).

20 unit pompa atau quick respons ini disebar ke sejumlah lokasi genangan. Seluruhnya dialirkan ke Kalimalang, yang kondisinya tidak tergenang. Genangan saat ini mulai berangsur surut. Ketinggian air yang semula mencapai 1,6 hingga dua meter kini sekitar satu meter di posisi yang terendah.

Kasi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, pada pagi hari pihaknya mengerahkan tujuh unit pompa quick respons, kemudian ditambah menjadi 10 saat siang hari. Lalu pada sore harinya bertambah menjadi 20 unit pompa.

“Sesuai arahan kepala dinas, jumlah quick respons untuk penanganan genangan di Cipinang Melayu ditambah lagi. Makanya kita tambah lagi dan sore ini jumlahnya mencapai 20 unit dengan personel totalnya 92 orang,” beber Gatot.

Diharapkan dengan pengerahan 20 unit quick respons ini penanganan genangan akan lebih cepat selesai. Selain pompa mobile pihaknya juga mengerahkan lima unit perahu karet untuk evakuasi warga yang terdampak banjir. Total jumlah warga yang telah dievakuasi sebanyak 28 orang, terdiri dari dewasa 16 orang, anak-anak tujuh orang dan balita lima orang.

Ketua RW 04 Cipinang Melayu, Irwan Kurniadi mengungkapkan, pada pukul 17.00 kondisi genangan di titik terendah atau yang dekat dengan Kali Sunter di RT 04/04 sisa satu meter. Diharapkan genangan ini cepat surut seiring dengan proses penyedotan oleh petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Timur.

“Diharapkan genangan cepat surut karena saat ini juga masih dipompa oleh petugas Damkar,” kata Irwan.

Dia menjelaskan, saat ini warga yang mengungsi di kampus Borobudur ada 100 KK atau sekitar 250 jiwa. Sedangkan lainnya di enam tenda pengungsian yang ada di kolong Tol Becakayu, masing-masing ada 15 KK.

“Kami ucapkan terima kasih pada jajaran pemerintah kota Jakarta Timur yang telah memberikan sejumlah bantuan untuk warga terdampak banjir,” tandasnya. (hop)