Tanggul Jebol di Depok Jaya

Kastara.ID, Depok – Tanggul yang jebol di Jalan Mujair Raya, RT 07 dan 08 RW 09, Kelurahan Depok Jaya, pada (17/4) lalu, telah mendapat penanganan dari dinas terkait. Kini puing-puing yang menutupi jalan dan aliran sungai sudah dibersihkan.

“Alhamdulillah, puing-puing tanggul yang jebol sudah diangkut Satgas Sumber Daya Air Dinas PUPR Depok. Jalanan dan rumah-rumah warga yang kebanjiran juga sudah dibersihkan oleh Dinas Damkar,” kata Lurah Depok Jaya, Herman, usai meninjau ke lokasi kejadian, seperti dimuat di situs resmi Pemkot Depok (19/4).

Dijelaskannya, kejadian tersebut mengakibatkan 20 rumah warga terendam. Bahkan, enam rumah yang berada di dekat tanggul terdampak cukup parah, dengan ketinggian air mencapai 1 meter.

“Masjid Al Istiqomah juga terendam banjir sebetis orang dewasa. Namun, kesigapan tim Satgas dapat tertangani dengan cepat,” jelasnya.

Dia menambahkan, para warga yang menjadi korban juga sudah mendapat bantuan berupa sembako. Bantuan diberikan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Tagana, Palang Merah Indonesia (PMI), dan anggota DPRD.

Di tempat yang sama, Sekretaris Kecamatan Pancoran Mas Syaiful Hidayat mengingatkan masyarakat untuk tidak membuang sampah ke kali guna mencegah banjir saat musim penghujan.

“Kesadaran masyarakat harus ditingkatkan. Jangan lagi buang sampah sembarangan, khawatir air meluap kembali dan penuh sampah ke jalan,” tambahnya. (dha)