Lalapan Depok

Kastara.ID, Depok – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok meresmikan Kelas Pelatihan Aman Online Kota Depok (Lalapan Depok). Peresmian tersebut dirangkai dengan webinar keamanan pangan dan kemudahan berusaha.

“Kami berikan fasilitas berupa pelatihan bagi pemilik usaha pangan dalam memperhatikan kesehatan pangan yang dihasilkan,” tutur Kepala Dinkes Kota Depok Mary Liziawati saat kegiatan di Depok City Operations Room (DCOR) di lantai 5, Gedung Balai Kota Depok yang dilansir laman resmi Pemkot Depok, Rabu (20/4/22).

Lewat inovasi Lalapan Depok, lanjut Mary, akan dilakukan beberapa rangkaian kegiatan. Yaitu webinar kemananan pangan dan kemudahan berusaha, pelatihan dasar berupa pelatihan Hygiene dan Sanitasi Pangan (HSP) serta Penyuluhan Kemananan Pangan (PKP) dalam rangka pemenuhan sertifikasi (Sertifikat Laik Hygiene dan PIRT).

Kemudian, ujar dia, pelatihan lanjutan berupa fortifikasi pangan pencegahan stunting, pembatasan gula, garam, dan lemak dala pencegahan penyakit tidak menular. Lalu akan dilakukan pemeriksaan laboratorium kualitas air dan makanan dengan metode sampling. Serta dilakukan penilaian angka kecukupan gizi dari produk kiliner yang dihasilkan.

“Juga akan dilakukan pemenuhan pelayanan kesehatan pekerja melalui Pos Upaya Kesehatan Kerja (Pos UKK),” jelasnya.

Dirinya berharap melalui inovasi Lalapan Depok dapat meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan kemauan serta kemampuan hidup sehat. Tentunya dimulai dari pangan yang dihasilkan dengan memenuhi standar yang ditetapkan.

“Semoga seluruh informasi yang diberikan dapat ditindaklanjuti pengusaha pangan demi menuju Depok Kota Aman Pangan,” pungkasnya. (dha)