Perabot Dapur

Kastara.ID, Jakarta – Memasuki pekan ketiga Ramadan, pusat peralatan dapur dan pembuatan kue di kawasan Cawang Kompor, Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur, mulai diburu warga.

Sejak dahulu, kawasan ini memang dikenal sebagai salah satu pusat produksi dan penjualan aneka peralatan dapur seperti kompor, oven, panci, dandang, dan sebagainya.

Ajeng (35), warga yang tinggal di daerah Kampung Melayu mengaku, mencari peralatan untuk membuat kue kering di Cawang Kompor karena kualitas barangnya cukup baik dan harganya relatif terjangkau.

“Barang di sini kualitasnya bagus dan harganya murah. Saya ingin jualan kue kering Lebaran nanti,” tuturnya, Rabu (20/4).

Salah seorang pedagang yang juga perajin produk dapur, Andri (43) menjelaskan, pembeli pada Ramadan tahun ini memang agak lebih ramai dibanding dua tahun sebelumnya. Menurutnya, alat yang banyak dicari pembeli yaitu oven dan alat cetak kue kering serta dandang,

“Dibanding dua tahun lalu, penjualan memang naik sekitar 15 persen. Dua tahun lalu, kita benar-benar lesu, dampak COVID-19,” bebernya.

Disebutkan, harga barang yang dijual bervariasi. Misalnya, oven komplit dengan loyangnya dijual Rp 260 ribu. Namun jika hanya ovennya maka dijual Rp 200 ribu. Kemudian dandang diameter 50 sentimeter dijual Rp 500 hingga Rp 700 ribu. (hop)