Kastara.ID, Jakarta – Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Selatan mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional di halaman kantor wali kota, Jumat (20/5).

Dalam sambutannya, Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin selaku pembina upacara mengajak semua pihak bangkit bersama.

“Tahun ini kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114. Tahun ini, “Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir,” ujar Munjirin saat membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate.

Ia mengatakan, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo pada pada 20 Mei 1948, sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Organisasi pertama di Indonesia ini bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan. Perkumpulan Boedi Oetomo didirikan oleh dr Soetomo beserta para mahasiswa STOVIA pada 1908, untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain.

“Kiranya semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini,” katanya.

Ditambahkan Munjirin, momentum penanganan COVID-19, yang semakin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya dapat memaknai kesungguhan semangat dr Soetomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari situasi pandemi. (hop)