Kastara.ID, Semarang – Tim badminton putra Indonesia langsung menaklukan Kamboja pada partai petama Grup B beregu putra ASEAN Schools Games (ASG) 2019, Jumat 19 Juli 2019. Bertanding di GOR USM Semarang, Jawa Tengah, Indonesia meraih kemenangan dengan skor telak 5-0.
Kemenangan pertama tim putra Indonesia dipersembahkan Muhammad Aldo Apriyadi. Ia mampu mengalahkan tunggal putra Kamboja Phea Sothai dua game langsung dengan skor 21-10 dan 21-8. “Lawan tadi lumayan permainannya. Sebetulnya sih Kamboja lumayan semua pemainnya, cuma kita memang lebih unggul saja di atas kertas,” kata Aldo, pebulutangkis binaan PB Djarum usai pertandingan.
Indonesia mampu unggul 2-0 dari Kamboja setelah Muhammad Iqbal merebut kemenangan di partai kedua. Ia berhasil mengalahkan Sok Rikreay juga dengan dua game langsung 21-10 dan 21-8. Tim bulu tangkis putra sudah unggul 3-0 hanya membutuhkan waktu kurang dari setengah jam.
Kemenangan ketiga dipersembahkan ganda putra Ari Kusuma/Bagas Febrian Sani yang mengalahkan Heng Mengleap/Nguonrattanak Vissoth 21-6 dan 21-6.Pemain tunggal putra Tegar Sulistyo membuat Indonesia semakin tak terkejar setelah unggul 4-0. Ia mampu mengatasi perlawanan wakil Kamboja Yam Somnang dengan skor 21-6 dan 21-5.
Indonesia menyudahi perlawanan alot Kamboja dengan kemenangan 5-0 yang dipersembahkan Ashgar Herfanda/Rian Cannavaro. Ganda putra Indonesia tersebut menang dua game langsung 21-9 dan 21-10 dari Phea Sothai/Sok Rikreay.
“Seperti yang sudah saya bilang, kekuatan kita memang di atas Kamboja. Kita lebih fokus mempersiapkan diri untuk pertandingan lawan Thailand nanti malam,” kata manajer tim bulu tangkis Indonesia Luluk Hadiyanto.
Menurut jadwal, tim bulu tangkis putra Indonesia dijadwalkan akan menghadapi Thailand pada pertandingan kedua Grup B, pukul 19.00 WIB. (lan)