Kastara.ID, Semarang – Atlet pencak silat Indonesia M. Zaki Zikrillah berhasil mengalahkan wakil Malaysia, Muhammad Khairi Adib Bin Azhar dalam semifinal ASEAN Schools Games (ASG) 2019. Dengan hasil tersebut, atlet 18 tahun ini berhasil lolos ke babak final kategori Tarung kelas C (51-55 kg). Bertanding di Hotel Partajasa, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (20/7), Zaki menunjukkan pertahanan yang apik. Sejak babak pertama, atlet asal Nusa Tenggara Timur (NTT) ini begitu tenang.
Beberapa kali serangan lawan berhasil diatasi. Hal ini yang menjadikan Zaki dapat menemukan kelemahan lawan dan terus mendapatkan poin hingga pertarungan usai. “Kita salut sama Zaki dia berhasil masuk Final. Sebenarnya kalau kita lihat lawannya juga tidak mudah juga. Pintar dan cerdik, tapi Zaki dapat mengatasinya,” ujar Bondan Wirawan, Pelatih Silat Indonesia.
Pada partai final, Zaki akan berhadapan dengan pesilat asal Thailand, MR Jirat Janpet. Jirat lolos setelah ‘melipat’ pesilat Filipina, Zandro Fred Jizmundo. Menurut Bondan, meski sudah lolosnya Zaki hingga ke partai puncak, perjuangan belum berakhir. Atlet berpostur tinggi dengan rambut pendek tersebut harus mendapatkan evaluasi. “Untuk Zaki paling kita akan evaluasi lagi untuk final pasti lawan juga tidak mudah, jadi benar-benar kita siapkan,” katanya.
Sementara itu, satu pesilat Indonesia lainnya, Muhammad Agil Pakaya harus terhenti di semifinal ASG 2019. Ia belum berhasil mengatasi wakil Thailand, MR Phatcharaphon Unthaphim dalam kategori Tarung kelas B (43-47 kg). (lan)