Kastara.ID, Madinah – Baru tiba di Madinah Jumat malam, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nizar Ali mengunjungi sektor-sektor di Daerah kerja Madinah, Sabtu (20/7) pagi Waktu Arab Saudi.

Dirjen ingin memastikan pelayanan terhadap jemaah haji sesuai dengan yang telah direncanakan. Pagi itu, ia bertemu dengan para ketua sektor dan petugas haji pada masing-masing sektor yang menyampaikan berbagai permasalahan yang kerap ditemui di lapangan.

‘’Kami datang ke sini untuk mengecek apakah memang benar ada peningkatan pelayanan atau tidak ternyata ada mulai dari koper, yang tidak hanya diantar sampai lobi hotel bahkan sampai ke depan kamar jemaah, juga peningkatan pelayanan di bandara,” ujar Nizar pada tim Media Center Haji (MCH).

Kepada awak media, Dirjen mengatakan bahwa pelayanan petugas di setiap sektor, secara umum sudah sesuai dengan yang telah rencanakan.

“Kendala-kendala ada tapi masih bisa diatasi. Bimbingan ibadah juga sudah dilakukan seminggu dua kali,” ujar Nizar.

Ia mengatakan bahwa pembimbing ibadah sangat berperan untuk memberikan pencerahan, sosialisasi terhadap pelaksanaan operasional haji agar nanti saat puncak haji itu tidak ada kendala.

Sedangkan khusus untuk jemaah risiko tinggi (risti) dan lanjut usia (lansia) pihaknya juga telah melakukan pengawasan. “Pihak Kementerian Kesehatan mengawal dari aspek kesehatannya dan Kemenag mengawal pelayanan,” ujarnya.

Kepada para petugas haji Nizar berpesan agar senantiasa menjaga kesehatan, kmengingat jam kerja yang panjang untuk melayani jemaah haji Indonesia yang mencapai 231 ribu orang.

Nizar juga berpesan kepada tim Media Center Haji, tetap semangat agar dapat berikan informasi ke keluarga jemaah di tanah air sehingga kabar kondisi jemaah dan pelayanan yang diberikan pemerintah penting untuk disampaikan”.

Visitasi Dirjen PHU Nizar Ali berakhir di sektor khusus Masjid Nabawi yang terletak di pintu 21, setelah sebelumnya melaksanakan salat dhuhur berjamaah di Masjid Nabawi.

Tampak hadir mendampingi Dirjen, Direktur Pengelolaan Keuangan Haji Maman Saefulloh, Kabid Akomodasi Rudi Ambari, Sekretaris PPIH Noor Alya Fitra dan Kepala Daker Madinah Ahmad Jauhari. (put)