Nirwasita Tantra

Kastara.ID, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok meraih penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2021. Penghargaan ini merupakan kali pertama didapatkan, setelah sebelumnya hanya sampai pada tahap nominasi.

“Alhamdulillah, kami bersyukur dan berterima kasih kepada pihak-pihak yang turut menjaga kelestarian lingkungan hidup melalui berbagai inovasi yang dilahirkan,” ujar Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono usai menerima penghargaan Nirwasita Tantra di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok, Rabu (20/7).

Dikatakannya, beberapa upaya yang telah dilakukan Pemkot Depok dalam menjaga kelestarian lingkungan yaitu pembuatan serta pemanfaatan Lubang Resapan Biopori (LRB), Sumur Resapan (SR), penyediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) serta terjaganya iklim di Kota Depok yang dinilai melalui alat pengukur udara atau Air Quality Monitoring System (AQMS).

“Penghargaan ini bukan hanya kami pertahankan ke depannya. Tetapi juga akan kami tingkatkan agar kualitas lingkungan hidup di Kota Depok semakin baik. Utamanya terkait air, situ, sungai, sampah, polusi, akan kami perhatikan. Penghargaan ini juga menjadi pemicu dan pemacu semangat dalam melestarikan lingkungan,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Ety Suryahati menyebut, Pemkot Depok terus berkomitmen dalam menjaga lingkungan. Kendati Kota Depok dipadati dengan kendaraan, nyatanya kualitas udara masih terbilang baik.

“Kualitas udara yang baik ini juga ada campur tangan dari masyarakat. Di mana mereka secara mandiri dan penuh kesadaran menciptakan inovasi untuk lingkungan. Penambahan LRB misalnya. Jika kemarau tidak kekeringan dan jika hujan tidak kebanjiran,” paparnya.

Untuk diketahui, Nirwasita Tantra adalah penghargaan dari KLHK yang diberikan kepada kepala daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan/atau program kerja, sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerah.

Kota Depok meraih penghargaan Nirwasita Tantra kriteria pemerintah daerah, kategori Kota Besar. Selain Kota Depok, ada juga kota lainnya seperti Surabaya, Balikpapan, Padang, dan Banjarmasin turut meraih penghargaan yang sama. (dha)