Headline

Tahun Depan Fokus Peningkatan Kualitas Ibadah Jemaah Haji

Kastara.ID, Jakarta – Setelah terus berupaya meningkatkan kualitas layanan akomodasi, transportasi, katering, dan hal-hal yang kaitannya dengan penyelenggaraan haji secara umum, Kementerian Agama tahun depan akan fokus pada peningkatan kualitas ibadah jemaah haji.

“Setelah kita mampu meningkatkan kualitas layanan akomodasi, transportasi, katering, dan hal-hal yang kaitannya penyelenggaraan secara umum haji, dan alhamdulillah sudah diapresiasi sebagian besar jemaah, maka tahun depan kita harus fokus pada peningatan kualitas ibadah,” ujar Menag Lukman Hakim Saifuddin setibanya di Jakarta, Senin (19/8).

“Jadi bagaimana manasik haji itu tidak hanya berisi  tata cara melakukan ibadah haji dalam pendekatan fiqih semata, tapi lebih menjelaskan hal-hal yang sifatnya substantif dan esensial, filosofi haji juga menjadi salah satu hal yang perlu kita kedepankan sehingga jemaah haji Indonesia tidak hanya memiliki pengalaman berhaji semata, tapi juga harapannya bertambah wawasan pengetahuannya tentang haji,” kata Menag.

Melalui peningkatan kualitas ibadahnya, ujar Menag, jemaah haji harus juga memahami dengan baik apa makna thawaf, apa makna sai, wukuf dan lainnya. Itu perlu penjelasan melalui buku manasik haji kita, juga melalui arahan bimbingan dari para pembimbing ibadah haji.

“Para pembimbing ibadah untuk lebih menekankan aspek ini, sehingga harapannya kemabruran itu terwujud tidak hanya pada aspek kesalehan personal tapi juga kesalehan sosial,” imbuhnya. (put)

Leave a Comment

Recent Posts

Menjodohkan Anies-Ahok di Pilgub Jakarta?

Kastara.ID, Jakarta - Banyak tokoh nasional yang diwacanakan potensial maju pada Pilgub Jakarta 2024. Soal…

Meninjau Langsung Lokasi Banjir di RT 04 RW 08 Kelurahan/Kecamatan Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan banjir di Jembatan Kali Pesanggrahan…

Ahli Waris Kampung Bojong Malaka Gelar Silaturahmi dan Doa Bersama

  Kastara.Id,Depok - Ahli waris Kampung Bojong Malaka mengadakan halal bihalal dan doa bersama agar…

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…