MotoGP Inggris 2021(motogp.com)

Kastara.ID, Jakarta – Pembalap Spanyol Maverick Vinales sebelumnya telah dilarang oleh Yamaha untuk tampil di MotoGP Austria, setelah sebelumnya Vinales berusaha dengan sengaja merusak mesin motornya di lap penutup balapan MotoGP Styria.

Yamaha kemudian mengumumkan pada malam GP Austria akhir pekan lalu bahwa Vinales dilarang dan ditarik dari balapan Red Bull Ring kedua.

Kemudian Vinales secara terbuka menyampaikan permintaan maaf kepada pihak Yamaha pada hari Sabtu di Austria, mengakui tindakannya itu karena faktor frustrasi.

Hubungan antara Vinales dan Yamaha sudah rusak dan tidak dapat diperbaiki sepanjang musim 2021, dengan Vinales sbelumnya sudah meminta kontrak dua tahunnya untuk diakhiri pada akhir musim ini, setahun lebih awal.

Yamaha mengatakan, pekan lalu setiap keputusan tentang Vinales apakah akan ikut balapan di seri-seri selanjutnya atau tidak, akan didiskusikan terlebih dahulu.

“Saat ini, semuanya mungkin,” ungkap manajer tim Yamaha, Massimo Meregalli yang dilansir BT Sport.

“Keputusan (untuk menangguhkannya) dibuat di sini, itu dibuat oleh kami (di Eropa). Kami melakukan beberapa pembicaraan dengan pihak Jepang, tapi keputusan pertama adalah menangguhkannya mengingat balapan ini. Lalu kita akan melihat apa yang terjadi (untuk selanjutnya),” imbuh Meregalli yang dilansir Motorsport.

Motorsport juga telah mengkonfirmasi bahwa Vinales tidak akan balapan di MotoGP Inggris, dengan penguji Yamaha, Cal Crutchlow menjadi pengganti sementara di tim pabrikan.

Sementara posisi Crutchlow yang sebelumnya menjadi pengganti Franco Morbidelli di tim satelit Petronas Yamaha SRT, akan diisi pembalap Moto2 asal Inggris, Jake Dixon (pembalap SRT di Moto2), yang akan melakukan debut MotoGP di depan penonton tuan rumah.

Sepang Racing Team akan menggunakan GP Inggris untuk mengevaluasi Dixon sebagai salah satu opsi untuk musim 2022.

Untuk saat ini, masih belum jelas apakah Yamaha akan terus melarang Vinales balapan sampai akhir musim atau hanya sampai Silverstone saja.

Seperti diketahui, pada Senin (16/8) lalu, pabrikan Italia, Aprilia telah mengonfirmasi bahwa Vinales akan membalap bersama mereka untuk musim 2022. (tra)