Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA)

Kastara.id, Jakarta – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia Steven Ciobo bertemu di Jakarta, Rabu (20/9), untuk membahas sejumlah isu.

Pertemuan dilakukan kedua menteri di tengah perundingan Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA), untuk membahas antara lain penurunan tarif masuk gula Australia ke Indonesia menjadi 5 persen dan menghapus tarif impor 0 persen.

“Kita membahas isu perundingan seperti investasi untuk membentuk Australia Indonesia powerhouse dalam rangka memasuki pasar ketiga dan beberapa hambatan lainnya dalam proses perundingan,” kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Menurut Enggar, pertemuan ini juga untuk menyepakati perlunya win-win agreement untuk dirundingkan kedua negara sebagai paket yang utuh mencakup kerja sama ekonomi dan peningkatan kapasitas.

“Ini sangat penting terutama dalam konteks pembentukan powerhouse agar produk yang dibuat berdasarkan prinsip supply chain kedua negara dan memasuki negara ketiga termasuk negara maju yang menerapkan standar tinggi,” ujar Enggar.

Kesepakatan tersebut dicapai dalam pertemuan bilateral antara Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia Steven Ciobo di sela Pertemuan Para Menteri Ekonomi ASEAN (AEM) ke-49 akhir pekan lalu.

Sementara itu, Enggartiasto juga telah meminta Australia untuk membuka akses pasar bagi produk-produk utama Indonesia, seperti tekstil dan minyak sawit. Ditargetkan perundingan Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) dapat diselesaikan tahun ini. (mar)