Rusun Pasar Rumput

Kastara.ID, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo pada Senin (20/9) meresmikan Rusun Pasar Rumput. Rusun Pasar Rumput dilengkapi dengan berbagai fasilitas sosial dan fasilitas umum.

“Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, pada pagi hari ini saya resmikan Rusun Pasar Rumput beserta kios dan fasilitas Pasar Rumput Kota, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta,” ujarnya, di Jakarta Selatan, Senin (20/9).

Jokowi bersyukur Rusun Pasar Rumput sudah selesai dibangun dan siap untuk difungsikan. Adapun pembangunan tersebut menelan biaya Rp 970 miliar.

“Alhamdulillah Rusun Pasar Rumput yang dilengkapi dengan kios pasar, fasilitas umum, dan fasilitas sosial, dan parkiran yang dibangun sejak tahun 2016. Hari ini sudah selesai dan siap untuk difungsikan,” ucapnya.

Di kesempatan itu, Kepala Negara menjelaskan beberapa keistimewaan Rusun Pasar Rumput. Salah satunya adalah rusun tersebut dibangun dengan konsep mix use development.

“Mix use development yaitu tidak hanya Rusun yang berfungsi sebagai hunian berupa 1.984 unit tipe 36 yang ada di lantai 4 sampai lantai 25,” tutur Jokowi.

“Tetapi juga rusun ini dibangun di atas pasar dengan ratusan kios pasar dan los di lantai 1 dan lantai 2. Serta fasilitas sosial dan fasilitas umum yang lengkap,” tambahnya.

Di tempat dan kesempatan yang sama, Jokowi menyebut keberadaan pasar dengan yang lengkap itu bakal memberikan kemudahan bagi para penghuni untuk melakukan aktivitas ekonomi. Seperti berdagang dan menjalankan kegiatan ekonomi lainnya.

Selain itu. keistimewaan lain yakni terkait dengan akses jalur transportasi yang mudah dan terintegrasi.

“Rusun Pasar Rumput ini juga istimewa karena juga didukung oleh jalur transportasi yang sangat baik terintegrasi dengan busway dan interkoneksi timur selatan menuju Dukuh Atas,” jelas Jokowi.

“Memudahkan penghuninya untuk melakukan mobilitas,” pungkasnya. (ant)