Kastara.Id,Bogor – Kekeringan yang terjadi di Kabupaten Bogor menyebabkan masyarakat saat ini berdampak krisis air, sehingga mereka harus mencari air bersih di galian galian bekas aliran sungai, seperti yang terjadi di daerah Jonggol serta Cariu.
Menyikapi kondisi seperti itu stasiun televisi dakwah yang bermarkas di Mesjid Al Barkah, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Rodja Tivi giat melakukan aksi kemanusiaan mendistribusikan air bersih ke kawasan Jonggol dan Cariu.

” Betul kami setiap Minggu mengirim dua sampai enam truk Tanki air minum ke Jonggol dan Cariu,” kata Agus Hasanudin  Direktur Utama Rodja Tv. Selasa (19/9).

Kali ini sudah dua buah truk Tanki air minum bergerak menuju kampung Jangakar, Desa Mekarwangi, Cariu. Terlihat warga antri membawa jerigen dan ember untuk mendapatkan air minum.

Masih kata  Agus, sengaja di titik itu disimpan toren air besar, agar truk yang membawa air minum itu bisa langsung mengucurkan ke toren agar bisa cepat kembali untuk mengisi lagi.
“”Supaya warga yang membutuhkan air tinggal membuka keran dari toren yang sudah kamu sediakan yang seminggu sekali di isi” ucap Agus.

Agus Hasanudin yang  juga sebagai ketua DKM Mesjid Al-Barkah Cileungsi. Kekeringan yang terjadi di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat,  dikarenakan hujan yang tak kunjung turun di wilayah tersebut sehingga mengakibatkan sungai sungai pun nyaris kering, sumber mata air warga berkurang dan warga kesulitan untuk memenuhi air bersih setiap harinya.

Semoga apa yang kita perbuat bagi masyarakat mengenai aksi kemanusiaan mendistribusikan truk air minum ini sangat membantu, untuk jangka panjang harusnya sudah difikirkan  solusinya, tidak sekedar distribusi air di kala kemarau panjang.tutup. Agus.