Kastara.ID, Misano — Pembalap Spanyol, Alex Rins akan membalap untuk tim pabrikan Monster Energy Yamaha mulai MotoGP 2024 mendatang.

Rins meninggalkan tim satelit LCR Honda setahun lebih awal dari kontrak semula. Rins sebenarnya memiliki kontrak langsung dari Honda selama dua musim untuk 2023 dan 2024.

Tapi kini rencana berubah di tengah jalan karena kecewa dengan Honda selama berada di tim satelit.

Pemilik LCR Honda, Lucio Cecchinello kemudian menerangkan apa yang membuat Rins sampai meninggalkan Honda.

“Di tim satelit, dia mendapati dirinya memiliki lebih sedikit insinyur di sekitarnya dan itu membuatnya merasa kurang penting,” ungkap Cecchinello kepada Moto.it, seperti dilansir Motosan.es.

“Kenyataannya adalah bahwa Honda berada dalam situasi di mana untuk menyelamatkan dan menjaga hubungan dengan Marc Marquez, mereka harus memberikan 110% untuk memberinya semua dukungan dan untuk alasan ini semua evolusi diberikan kepadanya. Hal ini membuat Rins mengatakan itulah tujuan saya di sini (mengembangkan motor), dan dia merasa mungkin dia berada dalam situasi subordinasi yang tidak dia sukai,” jelas Cecchinello.

Kemudian meskipun Rins telah memberi tahu Lucio tentang tawaran dari Yamaha, pria Italia itu tidak menduga Rins akan menerima tawaran Yamaha.

“Dia mengatakan kepada saya, saya punya ini dan saya menghormati keputusannya untuk pergi ke Yamaha pada tahun 2024. Saya tidak menyangka Rins akan pergi ke Yamaha karena saya pikir yang akan pergi adalah Toprak Razgatlioglu,” tandas Cecchinello.

Rins akan menggantikan Franco Morbidelli di tim pabrikan Yamaha, akan bertandem dengan Fabio Quartararo untuk 2024 dan 2025. (tra)